Tips Lolos Usulan Penelitian Tindakan Kelas PTK

Cahayapendidikan.com – Tips Lolos Usulan Penelitian Tindakan Kelas PTK

Dianggap sudah tidak sesuai dengan perkembangan profesi dan tuntutan kompetensi guru, maka Keputusan MENPAN Nomor 84/1993 tidak berlaku. Sebagai gantinya adalah Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009. Tips Lolos Usulan Penelitian Tindakan Kelas PTK.

Upaya guru untuk dapat naik pangkat dan golongan setingkat lebih tinggi semakin sulit. Pada saat Keputusan MENPAN Nomor 84/1993 diberlakukan, kenaikan pangkat guru berjalan dengan mulus.

Seorang guru dapat dengan mudah naik pangkat dan golongan dalam waktu tercepat 2,5 tahun. Meskipun akan berhenti pada golongan golongan 4A karena adanya aturan harus membuat karya ilmiah.

Namun sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009, sulit bagi guru naik pangkat tepat waktu. Adanya ketentuan nilai wajib pada unsur pengembangan diri dan pubikasi ilmiah menjadi kendala serius dalam kenaikan pangkat guru.

Pernahkah anda mengusulkan PTK untuk kenaikan pangkat ditolah oleh tim penilai angka kredit guru?

Jika pernah, pastinya anda kecewa bukan? Apalagi kalau PTK berulangkali diusulkan, berulangkali pula PTK anda ditolak. Pastinya hal ini menjadikan anda patah semangat, putus asa, kecewa dan bahkan frustasi.

Seandainya anda pernah mengalami hal di atas, cobalah luangkan sedikit waktu untuk menyimak paparan berikut ini. Tips Lolos Usulan Penelitian Tindakan Kelas PTK.

Sebelum menyusun Penelitian Tindakan Kelas PTK, alangkah baiknya anda membaca dan memahami langkah-langkahnya.

Pada dasarnya Penelitian Tindakan Kelas dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Hal ini, karena dalam proses pembelajaran, guru adalah teoretisi dan praktisi yang sangat menentukan.

Penelitian Tindakan Kelas

Prinsip dasar Penelitian Tindakan Kelas PTK

  1. PTK berorientasi pada perbaikan pendidikan dengan jalan melakukan perubahan-perubahan yang dilaksanakan dalam tindakan-tindakan.
  2. Masalah yang diangkat dalam PTK harus merupakan masalah yang memang ada, faktual, menarik, dan layak untuk diteliti.
  3. Pada saat penelitian, peneliti dituntut berpikir kritis mulai menentukan masalah, perencanaan tindakan baik bersifat teoritik maupun praktis dijabarkan dalam tindakan.
  4. Topik yang dikembangkan berkenaan dengan efektivitas metode mengajar yang digunakan oleh guru.
  5. PTK merefleksikan kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah sebagai bagian dari peningkatkan profesionalisme guru.

Sistematika Laporan Hasil PTK

Judul Penelitian

Indentitas dan Pengesahan

Abstrak

Daftar:

Isi

Tabel

Gambar

Lampiran

I. Pendahuluan

II. Kajian Pustaka

III. Metodologi Penelitian

IV. Hasil Penelitian dan Pembahasan

V. Simpulan dan Saran

Daftar Pustaka

Tips Lolos Usulan Penelitian Tindakan Kelas PTK

Komponen Pokok Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Menguraikan dengan ringkas unsur-unsur permasalahan, tujuan, prosedur dan hasil penelitian

Pendahuluan

Memuat unsur latar belakang masalah, data awal tentang permasalahan pentingnya masalah dipecahkan, identifikasi masalah. Analisis dan rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, serta definisi istilah bila dianggap perlu.

Kajian Pustaka

Menguraikan teori terkait dan temuan penelitian yang relevan yang memberi arah ke pelaksanaan PTK dan usaha peneliti membangun argumen teoritik. Bahwa dengan tindakan tertentu dimungkinkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan dan pembelajaran, bukan untuk membuktikan teori. Bab ini diakhiri dengan pertanyaan penelitian dan/atau hipotesis tindakan.

Metodologi Penelitian

Mengandung unsur: deskripsi lokasi, waktu, mata pelajaran, karakteristik siswa di sekolah sebagai subjek penelitian. Kejelasan tiap siklus: rancangan, pelaksanaan, cara pemantauan beserta jenis instrumen, usaha validasi hipotesis dan cara refleksi. Tindakan yang dilakukan bersifat rasional dan feasible serta collaborative.

Hasil Penelitian dan Pembahasan 

Menyajikan uraian setiap siklus dengan data lengkap. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi yang berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan dan kelemahan yang terjadi. Perlu ditambahkan hal mendasar yaitu hasil perubahan pada diri siswa, lingkungan, guru, motivasi dan aktivitas belajar, situasi kelas, hasil belajar. Sajikan grafik dan tabel secara optimal, hasil analisis data yang menunjukkan perubahan yang terjadi disertai pembahasan secara sistematik dan jelas.

Kesimpulan dan Saran

Menyajikan simpulan hasil penelitian (potret kemajuan) sesuai dengan tujuan penelitian. Berikan saran tindak lanjut berdasarkan pembahasan hasil penelitian.

Daftar Pustaka

Memuat semua sumber pustaka yang digunakan dalam penelitian secara alphabetis.

Lampiran-Lampiran

Memuat instrumen penelitian dan riwayat hidup peneliti, data penelitian, dan bukti lain pelaksanaan penelitian.

Sistematika di atas tentunya belum dapat menjamin bahwa Penelitian Tindakan Kelas PTK anda pasti disetujui oleh tim penilai.

Dari sisi konten yang perlu anda perhatikan adalah bahwa hasil Penelitian Tindakan Kelas PTK yang anda susun harus “APIK” yaitu:

ASLI

Keaslian PTK akan diragukan apabila:

Pertama: ada berbagai data yang tidak konsisten seperti nama, nama sekolah, lampiran, foto dan data lainnya.

Kedua: berhubungan dengan waktu pelaksanaan kegiatan penelitian yang kurang wajar. Terlalu banyak penelitian yang dilakukan dalam waktu yang terbatas (satu tahun maksimal dua penelitian).

Ketiga: ada perbedaan kualitas, cara penulisan, gaya bahasa yang mencolok di antara karya-karya yang dibuat.

Keempat: banyak kesamaan mencolok di antara PTK yang dibuat pada waktu yang berbeda. Seperti foto-foto, dokumen, surat pernyataan yang dibuat dalam waktu yang berbeda, sama antara yang satu dengan yang lain.

Kelima: ada kemiripan yang mencolok dengan skripsi, tesis atau disertasi.

Keenam: ada berbagai data yang tidak konsisten seperti nama, nama sekolah, lampiran, foto dan data yang tidak sesuai.

Oleh karena itu hindari hal-hal yang menjadikan PTK anda diragukan keasliannya.

Tips Lolos Usulan Penelitian Tindakan Kelas PTK

PERLU 

Buatlah PTK yang mempermasalahkan permasalahan nyata di bidang pendidikan sesuai dengan tugasnya. Isi dari permasalahan di bidang pendidikan formal sesuai dengan tugasnya.

ILMIAH

Kerangka penulisan dan isi sajian belum mengikuti kaidah yang umumnya digunakan dalam penulisan ilmiah. Berfokus pada laporan mengenai permasalahan nyata di bidang pendidikan formal.

KONSISTEN

Berfokus pada laporan mengenai permasalahan nyata di bidang pendidikan formal sesuai dengan tugas guru. Konsistensi yang bersangkutan, pada lokasi, sekolah, dan kelas serta mata pelajaran yang sesuai. Penelitian Tindakan Kelas PTK yang diajukan untuk dinilai belum kadaluwarsa.

Baca juga: Laporan Pengembangan Diri PKB

Demikianlah informsi terkait Tip Lolos Usulan Penelitian Tindakan Kelas PTK. Semoga dapat menambah wawasan anda dalam menyusun Penelitian Tindakan Kelas PTK. Informasi selengkapnya terkait Pedoman Penilaian Kegiatan Pengebangan Keprofesian Berkelanjutan PKB dapat anda unduh di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *