Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R

Cahayapendidikan.com – Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R.

Permasalahan yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran adalah keaktifan siswa dalam memperdalam konsep yang ada terkait dengan materi masih kurang.

Model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R bertujuan agar siswa aktif dalam menghadapi bacaan dan dapat menemukan ide pokok terhadap materi pembelajaran.

Dalam model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R terdiri atas tahapan Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R).

Model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R adalah model pembelajaran menggunakan strategi membaca dengan menugaskan siswa untuk membaca bahan ajar secara seksama. Melalui metode ini memungkinkan pembaca dapat menangkap pokok pikiran yang tersirat pada bacaan.

Pemahaman terhadap langkah-langkah pembelajaran sangat berpengaruh terhadap efektifitas penggunan model pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran.

pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif tipe SQ3R dilakukan dengan menggunakan lembar kerja sebagai alat bantu. Yang mana lembar kerja ini dikembangkan dengan memperhatikan kaidah-kaidah kajian terhadap bacaan.

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R adalah sebagai berikut:

Pertama, Survey (tinjau)

Pada langkah ini siswa membaca untuk mendapatkan gambaran keseluruhan tentang apa yang terkandung di dalam bahan yang dibaca.

Hal ini dilakukan dengan meneliti tajuk besar, tajuk-tajuk kecil, gambar-gambar ilustrasi, grafik, membaca pengantar. Dan penutup atau simpulan di bagian-bagian akhir buku atau teks.

Pada langkah survey siswa mencatat hal-hal penting dalam bacaan mencatat judul, sub judul, dan hal-hal penting yang berkaitan dengan bacaan.

Keuntungan tahap survey adalah mendorong siswa merasakan materi secara umum dan menemukan ide yang terkandung dalam teks.

Baca Juga:

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R

Kedua, Question (soal atau tanya)

Pada langkah ini siswa diminta menemukan inti permasalahan dalam teks terkait dengan informasi yang diperlukannya. Selanjutnya siswa akan mencoba mencari jawaban atas persoalan- persoalan tersebut.

Dengan demikian langkah question yaitu langkah yang dilakukan siswa dengan mempertanyakan detil teks dalam pembelajaran.

Upay memperoleh jawaban dengan menggunakan kata tanya 5W1H, yaitu who, what, where, when, why, dan how.

Kata tanya who atau siapa, misalnya dengan dapat dengan membuat pertanyaan siapa tokoh-tokoh yang ada dalam teks tersebut?

Apa peran tokoh pada bacaan? Apa isi bacaan dimaksud? Dimana saja peristiwa atau lokasi terkait dengan isi bacaan?

Kapan kejadian peristiwa? Mengapa peristiwa dan/atau kejadian terjadi? Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Dan bagaimana hal tersebut terjadi.

Ketiga, Read (baca)

Pada langkah ini siswa membaca materi secara aktif dan berusaha memperoleh jawaban atas pertanyaan yang telah disampaikan pada tahap Question.

Membaca merupakan langkah yang dilakukan untuk menjawab pertanyaan yang sudah dibuat sebelumnya. Langkah ini sebagai upaya untuk memastikan apakah pertanyaan yang dibuat sudah mencakup seluruh materi yang ada pada bacaan.

Seandainya informasi yang diperoleh kurang lengkap, dapat mendorong siswa mencari informasi lebih lanjut yang relevan melalui sumber lainnya.

Keempat, Recite (mengungkapkan kembali)

Setelah siswa selesai membaca, siswa mencoba mengingat kembali apa yang telah dibaca dan meneliti segala hal yang telah diperolehnya.

Tentunya informasi yang dipilih disesuaikan dengan yang dibutuhkan oleh siswa. Selain itu siswa juga dapat mencoba menjawab persoalan-persoalan yang dipaparkan sebelumnya tanpa merujuk kepada bacaan.

Kelima review (melihat kembali) 

Pada langkah ini siswa diminta membaca bagian-bagian teks tertentu yang dipilih untuk mendukung jawaban-jawaban atas pertanyaan yang telah dibuat.

Siswa menyusun rangkuman dan catatan pengembangan yang diperlukan sehingga dapat mengidentifikasi informasi relevan dari bacaan.

Pada tahap ini juga dilakukan pemetaan konsep dan materi serta pengorganisasian materi/topik untuk memastikan adanya kesesuaian dan keterkaitan antar materi.

Untuk lebih jelasnya Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R admin paparkan pada skenario pembelajaran.

Contoh Skenario Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R.

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan sosial

Kelas/Semester : IX/1

Materi : Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya

Kegiatan Pendahuluan:

1) Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.

2) Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas.

3) Guru memberi motivasi kepada peserta didik.

4) Guru menanyakan tentang materi pembelajaran berkaitan dengan perubahan letak dan luas benua, misalnya :

5) Peserta didik menerima informasi topik dan tujuan pembelajaran dari guru.

Kegiatan Inti:

1. Siswa melakukan survey terhadap materi Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya.

2. Siswa mencatat struktur teks dengan mengisi Lembar Kerja Siswa berikut ini.

BagianUraianMakna dan informasi terkait
Judul
Sub judul
Grafik
Tabel
Gambar
Bagan
Kalimat dicetak berbeda
Bagian yang diberi tanda khusus

Siswa membuat pertanyaan berdasarkan prinsip 5W1H untuk memperdalam pemahaman tentang Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya.

Misalnya, di negara manakah saat ini kita tinggal? Di benua manakah saat ini kita tinggal? Dimanakah letak benua tempat kamu tinggal? Benua mana lagi yang ada di dunia? Apakah kita dapat tinggal selain di bumi? Dst.

3. Siswa membaca secara utuh teks, menjawab pertanyaan yang dibuat, membuat catatan konsep penting, dan mendiskusikan dengan teman.

4. Siswa berbagi pertanyaan dengan temannya, mendiskusikan dan menggali informasi yang relevan dengan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat.

5. Siswa membuat rangkuman dari teks Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya.

6. Siswa membuat peta konsep atau grafik dan memberikan penjelasan antar konsep.

7. Siswa melakukan review bersama-sama dengan teman sekelas dan memastikan pemahaman terhadap materi pembelajaran.

8. Siswa menyiapkan kuiz sebagai bahan review secara berkala.

9. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan.

Kegiatan Penutup:

1) Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

2) Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.

3) Peserta didik diminta melakukan refl eksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.

4) Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.

5) Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.

6) Peserta didik diingatkan untuk membaca materi berikutnya.

Demikianlah informasi perihal Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *