Dinamika Penduduk Asia Amerika-Materi IPS Kelas 9

Cahayapendidikan.com-Dinamika Penduduk Asia Amerika-Materi IPS Kelas 9

Jumlah penduduk pada suatu wilayah selalu mengalami perubahan, hal ini terjadi karena adanya kelahiran, kematian maupun migrasi.

Perubahan keadaan penduduk baik dari segi jumlah, distribusi maupun komposisinya disebut dengan dinamika penduduk.

Berikut admin sajikan ringkasan dinamika penduduk Benua Asia dan Benua Amerika.

Dinamika Penduduk Asia Amerika-Materi IPS Kelas 9

Dinamika Penduduk Benua Asia

Menurut data dari World Population Data Sheet (WPDS) jumlah penduduk Asia pada tahun 2015 mencapai 4.397.000.000 jiwa. Tiga Negara di Asia memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia yaitu China, India dan Indonesia.

Komposisi penduduk Asia berdasarkan usia, 24% berusia di bawah 15 tahun, 10% berusia di atas 65 tahun. Sedangkan 66% berusia antara 15-65 tahun.

Dari komposisi tersebut berarti bahwa terdapat 34% penduduk berusia non produktif, dan 66% berusia produktif. Dengan laju pertumbuhan penduduk 2,5% pertahun.

Negara-negara di Asia yang memiliki Indeks Pembangunan Manusia sangat tinggi adalah Jepang, Brunei, China, Korea Selatan, Singapura dan Saudi Arabia.

Ditinjau dari komposisi ras, penduduk di Benua Asia terdiri atas ras Mongoloid, ras Kaukasoid, dan ras Negroid.

Asia merupakan tempat lahirnya berbagai agama, seperti Hindu, Sihk, Konfusianisme, Taoisme, Budha, Islam, Kristen,dan Yahudi.

Dinamika Penduduk Benua Amerika

Menurut data dari World Population Data Sheet (WPDS) jumlah penduduk Amerika pada tahun 2015 mencapai 987.000.000 jiwa.

Komposisi penduduk Amerika berdasarkan usia, 25% berusia di bawah 15 tahun, 8% berusia di atas 65 tahun. Sedangkan 67% berusia antara 15-65 tahun.

Dari komposisi tersebut berarti bahwa terdapat 33% penduduk berusia non produktif, dan 67% berusia produktif. Dengan laju pertumbuhan penduduk 0,9% pertahun.

Negara-negara di Amerika yang memiliki Indeks Pembangunan Manusia sangat tinggi adalah Amerika Serikat, Kanada, Argentina, dan Chili.

Penduduk asli benua Amerika adalah Suku Indian dan Suku Eskimo.

Sedangkan budaya Amerika dapat dibedakan menjadi budaya Amerika Utara (AS dan Kanada) dan Budaya Amerika selatan/Amerika latin.

Apabila dilihat dari sudut agama, 83% penduduk Amerika Serikat beragama Kristen, selebihnya menganut agama Yahudi dan Islam.

Baca Juga:

Demikianlah ringkasan materi Dinamika Penduduk Benua Asia Amerika-Materi IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.