Kondisi Alam Negara Mesir

Cahayapendidikan.com-Kondisi Alam Negara Mesir

Kondisi alam dan penduduk yang berbeda-beda mengakibatkan setiap negara memiliki karakteristik yang berbeda bagi setiap negara.

Yang dimaksud dengan keadaan alam adalah lokasi, iklim, bentuk muka bumi, geologi, flora dan fauna.

Lokasi negara Mesir

Secara astronomis Mesir terletak pada 220 LU – 320 LU dan 250 BT – 360 BT.

Sedangkan secara geografis sebelah utara Mesir berbatasan dengan Laut Mediteranian, sebelah selatan berbatasan dengan sudan. Adapun sebelah barat berbatasan dengan Libya, dan sebelah timur berbatasan dengan Laut Merah.

Adanya terusan Suez menjadikan posisi Mesir menjadi sangat penting. Terusan suez menghubungkan Laut Merah dan Laut Mediteranian.

Iklim Negara Mesir

Merujuk letak lintangnya pada 220 LU–320 LU, sebagian besar wilayah Mesir beriklim subtropis, dan sebagian kecil beriklim tropis.

Di Mesir hanya ada dua musim, yaitu musim panas (hot summer) dan musim dingin ringan (mild Winter). Musim panas mulai bulan Mei – Oktober, dan musim dingin pada bulan November – April.

Pada bulan Maret – April setiap tahunnya berhembus angin panas, kering dan berdebu yang oleh penduduk setempat disebut Sirocco dan Khamsin.

Kondisi Alam Negara Mesir

Bentuk Muka Bumi Negara Mesir

Wilayah Mesir sebagian besar berupa gumuk pasir ( sand dunes) antara gurun bagian barat dan gurun Lybia.

Bentuk muka bumi lainnya yang terdapat di Mesir antara lain:

  • Semenanjung Sinai, terletak di sebelah timur Terusan Suez berbatasan dengan Israel, berupa dataran tinggi dan pegunungan.
  • Gurun Arabia, merupakan pegunungan yang kasar, sangat tandus dan bergelombang terletak antara Sungai Nil dan pegunungan di tepi Laut Merah.
  • Gurun Libya, permukaan daratan namun letaknya lebih rendah dari permukaan laut (depresi continental). Terletak di sebelah barat Sungai Nil.
  • Lembah Sungai Nil, berupa dataran yang sangat subur.

Baca Juga:

1. Kondisi Alam Negara Jepang

2. Kondisi Alam Negara Amerika Serikat

3. Kondisi Alam Negara Australia

4. Kondisi Alam Negara Inggris

5. Standar Kompetensi Lulusan SKL SMP Kurikulum 2013

Kondisi Geologi Negara Mesir

Mesir memiliki sumber daya alam minyak dan gas, bijih besi, posfat, mangan, lempung, gipsun, talk, asbes, timah, emas dan zinc.

Flora dan Fauna Negara Mesir

Jenis flora Mesir merupakan pohon daerah kering tropis dan subtropics, seperti pohon lontar (papyrus), palma, kayu putih, akasia, dan cemara.

Sedangkan jenis fauna di Mesir antara lain domba, onta, dan keledai serta 300 spesies burung. Jenis kambing hutan dapat dijumpai di Sinai, dan jenis reptile di lembah Sungai Nil.

Kondisi Penduduk Negara Mesir

Menurut Word Population Data Sheet (WPDS) tahun 2015, penduduk Mesir berjumlah 89,1 juta jiwa. Di mana 43% penduduknya tinggal di perkotaan.

Sedangkan 2/3 penduduk Mesir tinggal di delta dan lembah sungai Nil sebagai petani. Petani tradisonal Mesir disebut fellahin.

Terdapat tiga kelompok penduduk di Mesir, yaitu orang Nabian (kulit hitam), orang Hamid (kulit putih), dan orang Arab.

Demikianlah ringkasan materi Kondisi Alam Negara Mesir, Materi Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.