Kondisi Alam Negara Jepang

Cahayapendidikan.com-Kondisi Alam Negara Jepang

Kondisi alam dan penduduk yang berbeda-beda mengakibatkan setiap negara memiliki karakteristik yang berbeda bagi setiap negara.

Yang dimaksud dengan keadaan alam adalah lokasi, iklim, bentuk muka bumi, geologi, flora dan fauna.

Lokasi Negara Jepang

Secara astronomis Jepang terletak pada 300 LU – 470 LU dan 1280 BT – 1460 BT.

Sedangkan secara geografis sebelah utara Jepang berbatasan dengan Laut Okhstosk, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Cina Timur dan Laut Filiphina.

Adapun sebelah barat berbatasan dengan Korea Utara, Korea Selatan, dan Rusia, sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik.

Iklim Negara Jepang

Dilihat dari letak lintangnya pada 300 LU – 470 LU. maka sebagian besar wilayah Jepang beriklim subtropis, dan sebagian beriklim sedang.

Dengan demikian Jepang memiliki empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur dan dingin.

Musim semi dimulai pada bulan Maret, musim panas awal Juni, musim gugur awal September, dan musin dingin awal Desember.

Bentuk Muka Bumi Negara Jepang

Sekitar 70-80% wilayah Jepang berupa pegunungan, selebihnya adalah dataran yang terletak di sepanjang pantai.

Dataran Kanto, Kinai Palin, Nobi, Echigo, dan Sendai merupakan dataran terbesar di Jepang. Sedangkan pusat aktivitas penduduk terjadi di dataran yang relatif kecil yaitu Hokaido.

Baca Juga:

Kondisi Alam Negara Jepang

Kondisi Geologi Negara Jepang

Jepang memiliki sekitar 192 gunung api, karena Jepang terletak di bagian barat Samudra Pasifik yang merupakan bagian cincin api. Oleh kaerna itu sekitar 25% wilayah Jepang tertutup oleh lapisan vulkanik.

Wilayah Jepang merupakan daerah perbatasan antara lempeng Asia dengan lempeng Samudra Pasifik. Hal ini menyebabkan Jepang sering terjadi gempa bumi, karena adanya tumbukan antara kedua lempeng tersebut.

Disamping itu sumber daya alam di Jepang juga sangat terbatas, sehingga untuk memenuhi kebutuhannya dengan mengimpor dari negara lain.

Flora dan Fauna Negara Jepang

Meskipun Jepang merupakan negara industri, namun ternyata 67% wilayahnya merupakan hutan. Jenis tumbuhan adalah pohon ek (oak), bambu, maple, birch, beech, dan polar. Jenis fauna di Jepang adalah babai hutan, monyet, serigala dan rusa, namun sekarang sudah mulai berkurang.

Kondisi Penduduk Negara Jepanng

Menurut Word Population Data Sheet (WPDS) tahun 2015, penduduk Jepang berjumlah 126,9 juta jiwa. Angka pertumbuhan penduduk di Jepang -0,1%,berarti terjadi penurunan jumlah penduduk sebesar 1% setiap tahunnya.

Sebagian besar penduduk Jepang bekerja di sektor pertanian, selebihnya bekerja di bidang industri.

Penduduk Jepang terdiri atas etnik Jepang sebesar 98,5%, selebihnya etnik korea, cina, dan lainnya.

Di bidang keagamaan, masyarakat Jepang menganut agama Shinto 83,9%, Budha 71,4%, Kristen 2%, dan lainnya 7,8%. Prosentase total lebih dari 100% karena terdapat masyarakat yang menganut agama Shinto dan juga agama Budha.

Sedangkan usia harapan hidup di Jepang rata-rata 83 tahun, merupakan angka tertinggi di dunia. Hal ini membuktikan bahwa kebiasaan hidup sehat dan layanan kesehatan di Jepang sangat baik.

Demikianlah ringkasan materi Kondisi Alam Negara Jepang, Materi Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *