Karakteristik Negara ASEAN Brunei Darussalam-Materi IPS Kelas 8

Cahayapendidikan.com – Karakteristik Negara ASEAN Brunei Darussalam-Materi IPS Kelas 8.

Negara Burnei Darussalam dengan ibu kota Bandar Seri Begawan, bentuk pemerintahan Kesultanan. Bahasa utama melayu, lagu kebangsaan Allah Peliharakan Sultan, serta mayoritas penduduknya beragama Islam.

Latak, Batas dan Iklim Burnei Darussalam

Secara astronomis Burnei Darussalam terletak pada 114o BT–115o BT dan antara 4o LU–6o LU. Sedangkan secara geografis Burnei Darussalam bagian selatan, timur, dan barat berbatasan dengan negara bagian Serawak. Sedangkan bagian utara berbatasan dengan Laut Cina selatan.

Brunei Darussalam terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian barat dan bagian timur. Bagian barat terdiri atas 3 daerah, yaitu daerah Tutong, Belait, dan Brunei. Sedangkan bagian timur adalah daerah Temburong.

Merujuk pada letak lintang Burnei Darussalam pada 4o LU–6o LU, maka Burnei Darussalam memiliki iklim tropis. Karena iklim tropis terletak di antara 23,5o LU–23,5o LS.

Bentang Alam Burnei Darussalam

Pada setiap permukaan bumi terdapat perbedaan tinggi rendahnya suatu wilayah yang disebut dengan profil muka bumi atau relief.

Pantai bagian utara Brunei merupakan daerah dataran yang relatif luas dan di wilayah ini terdapat Teluk Brunei. Sedangkan pada bagian selatan reliefnya relatif kasar dan berbukit-bukit

Karakteristik Negara ASEAN Brunei Darussalam-Materi IPS Kelas 8

Baca Juga:

Penduduk Burnei Darussalam

Berdasarkan data pada tahun 2015, jumlah penduduk Burnei Darussalam adalah 0,4 juta jiwa. Dengan tingkat kepadatannya mencapai 9.796 jiwa/km2. dan tingkat pertumbuhan 0,1% per tahun.

Setengah dari keseluruhan penduduk Brunei adalah orang Melayu, etnis terbesar kedua adalah Tionghoa, dan sisanya pendatang. Karakteristik Negara ASEAN Brunei Darussalam-Materi IPS Kelas 8.

Perekonomian Burnei Darussalam

Brunei merupakan negara yang paling tinggi pendapatan perkapitanya di antara negara-negara Asia. Kegiatan perekonomian Brunei sebagian besar ditopang dari hasil minyak dan gas bumi.

Industri utama kedua yang memberikan kontribusi terhadap devisa negara adalah tekstil, makanan dan minuman, serta bahan bangunan.

Dalam rangka memenuhi kebutuhannya, Brunei melakukan impor mesin-mesin dan peralatan transportasi dan bahan-bahan kimia.

Kerja Sama Burnei Darussalam

Burnei Darussalam mengadakan kerjasaman dengan Negara-negara lain baik secara bilateral, regional, dan multilateral.

Kerja sama dalam satu kawasan atau regional dilakukan dengan negara lain dalam wadah organisasi seperti ASEAN dan APEC.

Sedangkan kerja sama antara Burnei Darussalam dan berbagai negara dilakukan dengan organisasi internasional yang terdiri atas berbagai negara. Misalnya OPEC, OKI dan PBB.

Demikianlah ringkasan materi Karakteristik Negara ASEAN Burnei Darussalam-Materi IPS Kelas 8 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published.