Buku Guru PPKn Kelas-9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Cahayapendidikan.com – Buku Guru PPKn Kelas-9 Kurikulum 2013 Revisi 2018.

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi peserta didik secara utuh, tidak hanya aspek pengetahuannya tetapi juga sikap dan keterampilannya.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

PKKn dirancang untuk menghasilkan siswa yang memiliki keimanan dan akhlak mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia. yaitu Pancasila sehingga dapat berperan sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab.

Pembahasannya secara utuh mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah tema kewarganegaraan.

Bertujuan agar dapat mendorong siswa menjadi warga negara yang baik melalui kepedulian terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat sekitarnya.

Kompetensi yang dihasilkan tidak lagi terbatas pada kajian pengetahuan dan keterampilan penyajian hasil dalam bentuk karya tulis.

Namun lebih ditekankan kepada pembentukan sikap dan tindakan nyata yang mampu dilakukan oleh tiap siswa. Dengan demikian akan terbentuk sikap cinta dan bangga sebagai bangsa Indonesia.

Buku Guru PPKn Kelas-9 ini menjabarkan usaha yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Sejalan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani dalam mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya.

Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting.

Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Pada Buku Guru PPKn Kelas-9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 terdapat dua bagian utama, yaitu Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus Proses Pembelajaran.

Secara ringkas Buku Guru PPKn Kelas-9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dapat admin sajikan sebagai berikut.

Bagian I Petunjuk Umum Buku Guru PPKn Kelas-9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 

A. Maksud dan Tujuan Buku Guru

Adapun maksud dan tujuan disusunnya Buku Guru PPKn Kelas-9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 adalah sebagai berikut.

1. Memfasilitasi para Guru PPKn dalam membangun persepsi dan sikap positif terhadap mata pelajaran PPKn. sesuai dengan ide, regulasi, karakteristik psikologis-pedagogis, dan fungsinya dalam konteks sistem pendidikan nasional.

2. Memahami secara utuh dan menyeluruh karakteristik PPKn Kurikulum 2013 sebagai landasan membangun pola sikap dan pola perilaku profesional sebagai guru.

3. Memfasilitasi tumbuhnya kompetensi guru PPKn untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. dan mampu mengembangkan budaya kewarganegaraan di lingkungan satuan pendidikan dan lingkungan sosial budaya peserta didik.

4. Mengembangkan diri sebagai guru PPKn yang profesional dan dinamis dalam menyikapi dan memecahkan masalah-masalah praktis. terkait visi dan misi mata pelajaran PPKn di lingkungan satuan pendidikan.

B Petunjuk Penggunaan Buku Guru

Buku Guru Mata Pelajaran PPKn Kelas-9disusun untuk menjadi acuan bagi Guru PPKn dalam rangka kegiatan-kegiatan sebagai berikut.

1. Merancang pembelajaran dari KI dan KD ke dalam bahan ajar, pendekatan, strategi, metode, dan model pembelajaran.

2. Memanfaatkan dan mengembangkan sumber belajar agar lebih kreatif, inovatif, efektif, efisien, dan kontekstual.

3. Merancang dan melaksanakan penilaian kompetensi peserta didik (aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan) secara utuh.

C. KI dan KD Mata Pelajaran PPKn 

Kompetensi Inti PPKn Kelas-9 :

Kompetensi Inti 1 :

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Inti 2 :

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Kompetensi Inti 3 :

Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan pro-sedural) berdasarkan rasa ingin tahunya. tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

Kompetensi Inti 4 :

Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat). dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang). sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Empat Kompetensi Inti yang kemudian dijabarkan menjadi 24 Kompetensi Dasar itu merupakan bahan kajian dalam kegiatan pembelajaran selama satu tahun.

Setiap semester terbagi menjadi 16 minggu. Sehingga alokasi waktu yang tersedia adalah 3 × 40 menit × 32 minggu/tahun atau 3 × 40 menit × 16 minggu/semester.

D. Tujuan Mata Pelajaran PPKn

Tujuan Mata Pelajaran PPKn adalah mengembangkan potensi peserta didik dalam seluruh dimensi kewarganegaraan, yakni :

(1) sikap kewarganegaraan termasuk keteguhan, komitmen, dan tanggung jawab kewarganegaraan (civic confidence, civic committment, and civic responsibility).

(2) pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge);

(3) keterampilan kewarga negaraan termasuk kecakapan dan partisipasi kewarganegaraan (civic competence and civic responsibility).

Bagian II Petunjuk Khusus Proses Pembelajaran 

Petunjuk khusus proses pembelajaran ini hanya berupa contoh pelaksanaan proses pembelajaran dengan model-model dan media yang dapat diubah. Dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah/peserta didik, materi yang cocok, dan sarana prasarana yang dimiliki oleh sekolah.

Pada bagian kedua Buku Guru PPKn Kelas-9 Kurikulum 2013 Revisi 2018, disajikan keenam bab pembelajaran sesuai yang ada pada buku siswa.

Bedanya dengan Buku Siswa, pada Buku Guru ini mulai Bab 1 sampai dengan Bab 6 berisi:

  1. Peta konsep
  2. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
  3. Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Materi Pembelajaran
  5. Proses Pembelajaran
  6. Uji kompetensi
  7. Kunci jawaban uji kompetensi
  8. Kegiatan pembelajaran pengayaan
  9. Kegiatan pembelajaran remedial
  10. Interaksi dengan orang tua

Kegiatan pembelajaran pengayaan diberikan kepada siswa yang telah menguasai materi.

Sedangkan Kegiatan remedial dilakukan dengan mengulang materi pembelajaran apabila peserta didik yang sudah tuntas di bawah 75%. Apabila peserta didik yang sudah tuntas lebih dari 75% maka kegiatan remedial dapat dilakukan atara lain:

1. Mengulang materi pokok di luar jam tatap muka bagi peserta didik yang belum tuntas

2. Memberikan penugasan kepada peserta didik yang belum tuntas

3. Memberikan kesempatan untuk tes perbaikan.

Interkasi guru dengan orang tua dapat dilakukan melalui beberapa langkah antara lain:

1. Guru meminta kerjasama dengan orang tua untuk mendampingi peserta didik dalam belajar atau mengerjakan tugas.

2. Guru meminta peserta didik memperlihatkan hasil pekerjaan yang telah dinilai/dikomentari guru kepada orang tuanya. Kemudian orang tua mengomentari hasil pekerjaan siswa. Hasil penilaian yang telah diparaf guru dan orang tua kemudian disimpan dan menjadi portofolio siswa.

Buku Guru PPKn Kelas-9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 

Sebetulnya Buku Guru bagian kedua ini dapat digunakan oleh guru dalam menyusun Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP).

Karena sebagian besar komponen Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) sudah tersedia pada Buku Guru ini.

Pada saat menyusun RPP, guru tinggal mengutip KI dan KD serta tujuan pembelajaran sedangkan IPK disusun berdasarkan tujuan pembelajaran.

Langkah-langkah pembelajaran secara runtut setiap pertemauan sudah terdapat dalam Buku Guru ini, mulai kegiatan pembukaan, inti dan penutup.

Pada langkah-langkah dipandu dengan penggunaan model pembelajaran saintifik meliputi model discovery-inquiry based learning, problem based learning, dan project based learning.

Bagi anda yang membutuhkan Buku Guru PPKn Kelas-9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 selengkapnya dapat anda unduh di sini.

Baca Juga:

1. Buku Guru PPKN 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

2. Buku Guru PPKN 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

3. Buku Siswa PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

4. Buku Siswa PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

5. Buku Siswa PPKN Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Demikianlah sekilas informasi Buku Guru PPKN Kelas-9 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.