Karakteristik Negara Asean Indonesia-Materi IPS Kelas 8

Cahayapendidikan.com – Karakteristik Negara Asean Indonesia-Materi IPS Kelas 8.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau mencapai 13.466. Dengan daratan seluas 1.922.570 km2 dan luas perairan 3.257.483 km2.

Latak, Batas dan Iklim Indonesia

Secara astronomis Indonesia terletak pada 95o BT–141o BT dan antara 6o LU–11o LS. Sedangkan secara geografis Indonesia terletak di antara Samudra Atlantik dan Samudra Hinda, serta antara Benua Asia dan Benua Australia.

Adapun secara geologis Indonesia merupakan daerah pertemuan antara dua deretan pegunungan, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Secara geologis Indonesia juga merupakan pertemuan antara lempeng Asia, Indo-Australia, dan lempeng dasar Samudra Pasifik.

Akibat letak geologis ini, Indonesia termasuk wilayah yang labil dan memiliki banyak gunung berapi. Selain itu di Indonesia sering terjadi gempa bumi, baik gempa tektonik maupun vulkanik.

Merujuk pada letak lintang Indonesia pada 6o LU–11o LS, maka Indonesia memiliki iklim tropis.  Karena berdasarkan [embagian iklim matahari, iklim tropis terletak di antara 23,5o LU–23,5o LS.

Bentang Alam Indonesia

Pada setiap permukaan bumi terdapat perbedaan tinggi rendahnya suatu wilayah yang disebut dengan profil muka bumi atau relief.

Di Indonesia terdapat berbagai macam bentuk profil muka bumi atau relief baik di daratan maupun di dasar laut.

Karakteristik Negara Asean Indonesia-Materi IPS Kelas 8

Contoh relief daratan adalah pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, peneplain, dan depresi.

Indonesia memiliki dua deretan pegunungan besar, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Sirkum Pasifik melewati wilayah Sulawesi, Maluku, Papua, dan Halmahera. Sedangkan Sirkum Mediterania melewati wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Kepulauan Nusa Tenggara, dan Maluku.

Sirkum Mediterania ini meliputi dua jalur/busur, yaitu busur dalam yang bersifat vulkanis dan busur luar yang nonvulkanis.

Kepulauan Maluku merupakan daerah yang labil karena merupakan pertemuan dua sirkum tersebut, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Relief tertinggi Indonesia di Puncak Cartenz, Gunung Jaya Wijaya di Papua, dengan ketinggian 4.484 meter dari permukaan air laut (dpal).

Dataran tinggi disebut juga dengan istilah plato atau plateau, yang terkenal misalnya Dieng, dataran tinggi di Magelang, Malang dan Bandung.

Sedangkan dataran rendah bagian permukaan bumi yang tanahnya hampir rata, ketinggiannya 0–200 meter dari permukaan air laut (dpal).

Peneplain adalah relief datar akibat perombakan lapisan permukaan oleh tenaga eksogen dalam waktu yang lama.

Adapun depresi merupakan bagian permukaan bumi yang mengalami penurunan. Bentuk depresi yang memanjang disebut slenk, sedangkan bentuk depresi yang membulat disebut basin.

Contoh relief dasar laut di Indonesia adalah palung laut, lubuk laut, punggung laut, mabng laut, dan dangkalan (shelf).

Baca Juga:

Penduduk Indonesia 

Berdasarkan data pada tahun 2015, jumlah penduduk Indonesia adalah 255,7 juta jiwa. Dengan tingkat kepadatannya mencapai 475 jiwa/km² dan tingkat pertumbuhan -0,1% per tahun.

Adapun permasalah kependudukannya adalah jumlah penduduk besar, kepadatan tidak merata, penyebaran yang timpang. Selain itu komposisi penduduk yang sebagian besar berusia muda, terbatasnya lapangan pekerjaan serta kurangnya penguasaan teknologi.

Etnis Jawa sekitar 45%, Sunda 8%, suku Madura 7% dan sisanya suku bangsa lain. Dan sebagian besar rakyat Indonesia memeluk agama Islam, sekitar 88% dari jumlah penduduk.

Perekonomian Indonesia

Berdasarkan laporan dari IMF (International Monetary Fund) tahun 2013, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 4%. Karakteristik Negara Asean Indonesia-Materi IPS Kelas 8.

Ekspor utama Indonesia mengandalkan sektor minyak dan gas (migas) serta hasil sumber daya alam berupa bahan-bahan mentah.

Sedangkan impor utamanya berupa perkakas industri, farmasi dan kimia, barang-barang elektronik, serta otomotif.

Kerja Sama Indonesia

Indonesia mengadakan kerjasaman dengan Negara-negara lain baik secara bilateral, regional, dan multilateral.

Kerja sama dalam satu kawasan atau regional dilakukan dengan negara lain dalam wadah organisasi seperti ASEAN dan APEC.

Sedangkan kerja sama antara Indonesia dan berbagai negara dilakukan dengan organisasi internasional yang terdiri atas berbagai negara. Misalnya OPEC, Gerakan Non Blok (GNB) dan PBB.

Demikianlah ringkasan materi Karakteristik Negara Asean Indonesia-Materi IPS Kelas 8. Semoga bermanfaat.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *