Jenis Jenis Hutan di Indonesia

Cahayapendidikan.com – Jenis Jenis Hutan di Indonesia.

Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna (keanekaragaman hayati) yang sangat besar. Bahkan, keanekaragaman hayati Indonesia termasuk tiga besar di dunia bersama-sama dengan Brazil di Amerika Selatan dan Zaire di Afrika.

Berdasarkan data dari Departemen Kehutanan dan Perkebunan tahun 1999 jumlah spesies tumbuhan di Indonesia mencapai 8.000 spesies yang sudah teridentifikasi.

Keanekaragaman hayati di Indonesia berkaitan erat dengan kondisi iklim dan kondisi fisik wilayah. Suhu dan curah hujan yang besar memungkinkan tumbuhnya beragam jenis tumbuhan.

Jenis tumbuh-tumbuhan (flora) yang hidup di suatu tempat terdiri dari tumbuh-tumbuhan yang tumbuh secara alami.

Disamping itu juga ada tumbuh-tumbuhan yang ditanam serta dipelihara oleh manusia. Tumbuhan alami ini disebut juga vegetasi alami.

Sedangkan mengenai tumbuh-tumbuhan yang ditanam serta dipelihara oleh manusia, dibahas dalam pertanian.

Jenis Jenis Hutan di Indonesia

Vegetasi alami (dunia tumbuh-tumbuhan) yang terdapat di Indonesia adalah sebagai berikut :

a. Hutan Hujan Tropis

Di daerah beriklim khatulistiwa seperti Indonesia, yang banyak sinar matahari, curah hujannya besar, dan suhu udaranya tinggi.

Vegetasi utamanya adalah hutan hujan tropis. Hutan ini di jumpai di dataran rendah hingga ke pegunungan.

Hutan hujan tropis sangat lebat dan selalu hijau sepanjang tahun dan di dalamnya hidup beribu jenis tumbuhan. tumbuhan tersebut tersusun atas berbagai tingkat ketinggian, hingga seakan-akan membentuk lapisan-lapisan.

b. Hutan Musim

Hutan musim dijumpai di daerah yang suhu udaranya tinggi dan mempunyai perbedaan musim hujan dan kemarau yang nyata.

Pohon-pohon di hutan ini tahan kering. Hal ini terlihat dari adanya lapisan pelindung berupa kulit kayu mati yang tebal pada batangnya.

Pada musim kemarau, sebagian pohonnya meranggas atau menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan air, tetapi pada musim hujan pohon-pohon ini menghijau kembali.

Pohon hutan musim yang penting antara lain adalah pohon jati, kapuk dan angsana. Dalam hutan musim tumbuhan bawah cukup lebat, karena sinar matahari dapat mencapai permukaan tanah.

Misalnya di Jawa Tengah, Jawa Timur, sampai ke Nusa Tenggara.

c. Sabana

Sabana adalah padang rumput yang diselingi oleh ditumbuhi pohon-pohon perdu atau semak belukar.

Padang rumput atau Sabana banyak terdapat di Nusa Tengga Barat dan Nusa Tenggara Timur, yang curah hujannya tidak tinggi.

Di daerah ini ternak dikembangbiakkan secara bebas. Karena itu daerah ini merupakan penghasil ternak, seperti sapi, kambing dan kuda.

d. Stepa

Stepa adalah padang rumput yang relatif luas tanpa adanya pohon-pohon perdu atau semak belukar. Daerah ini dijumpai di dataran yang sangat sedikit curah hujannya seperti di Nusa Tenggara Timur.

e. Hutan Bakau 

Tumbuh di pantai yang landai dan berlumpur serta terletak di daerah pasang surut. Pohon bakau hidup di lingkungan air payau yang merupakan percampuran air laut dan air tawar.

Oleh Karena itu pohon bakau sukar menghisap air untuk keperluan hidupnya. Daun pohon bakau mempunyai lapisan tebal di permukaannya, dan berguna untuk mengurangi penguapan air pada bagian daun.

Sebagian akarnya muncul di permukaan air atau lumpur untuk mendapatkan oksigen, karena di dalam lumpur oksigen sangat kurang.

Nama lain pohon bakau adalah mangrove. Di belakang hutan bakau, kearah daratan, biasanya tumbuh pohon nipah yang daunnya berguna untuk atap.

Hutan bakau yang terluas terdapat di daerah pantai Irian Jaya, Sumatera bagian Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

f. Hutan Rawa

Lebih jauh ke arah daratan dari hutan bakau, biasanya terdapat hutan rawa air tawar. Hutan ini meliputi daerah rawa-rawa yang cukup luas di Indonesia.

Hutan rawa air tawar tidak menghasilkan kayu yang baik, tetapi tanah di daerah ini dapat digunakan untuk pertanian.

Adapun hutan rawa lain yang sejenis dengan hutan rawa air tawar adalah hutan rawa gambut. Hutan ini merupakan penghasil kayu yang cukup penting.

Wilayah hutan rawa gambut banyak terdapat di pantai timur Sumatera, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah

Baca:

Perbedaan Angin Muson Barat dan Angin Muson Timur

Demikian uraian mengenai jenis hutan yang terdapat di Indonesia, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang menginginkan artikel terbaru dari Cahayapendidikan.com, silahkan klik pada Notify me of new post by email yang ada di bawah artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: