Tiga Permasalahan Terbesar yang Dikeluhkan Pelamar CPNS

Cahayapendidikan.com – Tiga Permasalahan Terbesar yang dikeluhkan Pelamar CPNS.

Menghadapi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018, BKN selaku koordinator pelaksanaan seleksi tingkat nasional telah menyampaikan persiapan infrastruktur. Hal ini disampaikan melalui siaran pers BKN Nomor 008/RILIS/BKN/VI/2018 tanggal 12 Juni 2018. Persiapan ini dilakukan menjelang pengumuman resmi yang akan dirilis Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

Pada kesempatan ini BKN juga merilis siaran Pers Nomor: 009/RILIS/BKN/VI/2018 tertanggal 25 Juni 2018. Dalam siaran Persnya BKN memaparkan beberapa kendala yang dihadapi pelamar CPNS Tahun 2017. Hal ini disampaikan untuk mengantisipasi agar permasalahan serupa tidak terjadi. Kendala-kendala tersebut merupakan rekapitulasi Tim Helpdesk CPNS 2017 yang disediakan BKN selama seleksi CPNS tahun lalu.

Baca Juga: BKN siapkan Infrastruktur Seleksi Penerimaan CPNS 2018

Beberapa permasalahan yang dihadapi pelamar CPNS tahun lalu diantaranya:

1. Nomor Indentitas Kependudukan (NIK) atau Kartu Keluarga (KK) pelamar tidak ditemukan pada data base kependudukan. Guna mengantisipasi masalah ini, pelamar harus memastikan NIK dan KK terdaftar dan update dalam database Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

2. Pelamar salah memasukkan data. Permasalahan ini terjadi karena pelamar tidak mencermati dengan teliti fitur-fitur yang terdapat portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN). Pelamar juga tidak memahami tata cara pengisian kolom di dalamnya sehingga mengisi data yang tidak sesuai dengan apa yang diminta. Kebanyakan pelamar terburu-buru melakukan pendaftaran dan tidak memastikan kebenaran data yang telah diinput, padahal kesalahan input data tidak bisa diperbaiki. Guna mengantisipasi maslah ini, pelamar dihimbau memahami tata cara pengisian format dan mengisinya dengan teliti.

3. Salah menginput dokumen pendaftaran. Pelamar cenderung tidak mencermati syarat/kualifikasi dan dokumen yang diminta, sehingga menjadi awal terjadinya kesalahan input dokumen persyaratan. Mengantisipasi hal itu, pelamar diminta memahami betul kualifikasi, syarat dan alur/mekanisme pendaftaran.

Tiga Permasalahan Terbesar yang Dikeluhkan Pelamar CPNS

Dengan dirilisnya permasalahan mendasar pada seleksi CPNS tahun 2017, BKN berharap permasalahan serupa tidak terjadi pada seleksi CPNS tahun 2018.

Siaran Pers Nomor: 009/RILIS/BKN/VI/2018 tertanggal 25 Juni 2018 dapat anda unduh di sini.

Dalam rilis siaran persnya, selain melakukan persiapan infrastruktur (melalui SSCN), pelaksanaan seleksi administrasi hingga tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT). BKN juga tengah membentuk Tim Helpdesk CPNS TA 2018 untuk mengantisipasi kendala pendaftaran CPNS 2018. Hal Ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah melalui BKN untuk melaksanakan seleksi yang terbuka, transparan, dan kompetitif. Selain itu BKN juga secara aktif memberikan layanan informasi melalui akun resmi BKN baik lewat media sosial dan website.

Perlu anda ingat bahwa informasi resmi perihal pengumuman, pendaftaran, sampai proses seleksi hanya disampaikan melalui akun resmi institusi Pemerintah www.bkn.go.id.

Demikian informasi Rilis Siaran Pers BKN terkait Tiga Permasalahan Terbesar yang dikeluhkan Pelamar CPNS, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *