Syarat Umum CPNS Tahun 2018

Cahayapendidikan.com – Syarat Umum CPNS Tahun 2018.

Salah satu strategi dalam penataan Sumber Daya Manusia Aparatur, sejak tahun 2015 pemerintah telah dilakukan kebijakan pembatasan penerimaan CPNS (moratorium).

Sejak diberlakukan kebijakan moratorium penerimaan CPNS, masing-masing Instansi telah melaksanakan perhitungan jumlah kebutuhan pegawai perjabatan. Selain itu juga dilakukan redistribusi PNS serta proyeksi kebutuhan PNS untuk kurun waktu 5 tahun.

Dari analisis kebutuhan pegawai tersebut, ternyata masih terdapat kekurangan pegawai pada jabatan-jabatan tertentu. Hal ini disebabkan adanya pegawai yang memasuki Batas Usia Pensiun dan adanya pembentukan organisasi baru.

Oleh karena itu diperlukan penambahan pegawai baru agar kualitas layanan publik terutama di sektor pelayanan dasar tetap terjaga.

Dan sudah bisa dipastikan bahwa tahun 2018 pemerintah akan melaksanakan seleksi CPNS dengan prioritas utama bidang pendidikan, dan kesehatan. Serta bidang infrastruktur, jabatan fungsional, serta jabatan teknis lainnya.

Bagi anda yang memiliki kualifikasi pendidikan pada berbagai bidang tersebut dapat mulai mempersiapkan diri apabila berkeinginan mengikuti seleksi CPNS.

Baca Juga:

Untuk anda yang tertarik dan berkeinginan mengikuti seleksi CPNS tahun 2018, sebaiknya simak syarat-syarat berikut ini.

Syarat Umum CPNS Tahun 2018

Merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa Setiap WNI berkesempatan sama untuk melamar PNS.

Persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain:

a. Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar.

b. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara karena melakukan tindak pidana dengan putusan 2 tahun atau lebih.

c. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS. Sebagai prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

d. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri.

e. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

f. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.

g. Sehat jasmani dan rohani.

h. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

i. Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

Namun demikian batas usia 35 tahun dapat dikecualikan bagi jabatan tertentu, yaitu paling tinggi 40 tahun. Adapun jabatan tertentu tersebut ditetapkan oleh Presiden.

Apabila anda berminat dan merasa memenuhi persyaratan di atas silahkan segera mempersiapkan diri. Karena seleksi CPNS akan segera digelar dengan membuka ribuan formasi.

Demikianlah informasi Syarat Umum CPNS Tahun 2018. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *