Pengumuman Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru PPG Dalam Jabatan

cahayapendidikan.com-Pengumuman Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru PPG Dalam Jabatan.

Baru-baru ini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan GTK akan melakukan pendataan peserta Pendidikan Profesi Guru PPG Dalam Jabatan. Pengumuman Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru PPG dalam Jabatan.

Surat dengan Nomor: 32110/B.B4/GT/2017, tanggal 31 Oktober 2017.

Perihal: Pendataan calon peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan.

Surat tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia. Dengan harapan berkenan menyampaikan informasi pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru PPG dalam Jabatan kepada guru di lingkungan masing-masing.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Pada pasal 66 ayat 1 dinyatakan bahwa:

Bagi guru dalam jabatan yang diangkat sampai dengan akhir tahun 2015 dan sudah memiliki kualifikasi S-1/D-IV. Tetapi belum memiliki sertifikat pendidik, dapat memperoleh Sertifikat Pendidik melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Kenyataan di lapangan masih banyak guru yang belum memiliki sertifikat pendidik. Oleh karena itu pemerintah berupaya melaksanakan amanat PP Nomor 74 tahun 2017 tentang Guru tersebut.

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru merupakan ujung tombak dalam ikut serta memajukan pendidikan di Indonesia.

Hasil pekerjaan guru merupakan investasi dalam jangka panjang. Artinya keberhasilan peserta didik tidak dapat dinilai ketika mereka lulus dari bangku sekolah. Keberhasilan guru dalam mendidik akan terlihat puluhan tahun kemudian, ketika peserta didiknya telah menjadi orang yang sukses.

Guru akan merasa bangga apabila peserta didiknya ada yang menjadi pejabat, aparat dan tokoh pemerintahan lainnya. Meskipun mereka terkadang lupa bahwa kesuksesan yang telah mereka raih merupakan investasi jangka panjang dari para guru.

Pengumuman Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru PPG Dalam Jabatan

Sebelum adanya program sertifikasi yang memberikan tunjangan profesi kepada para pendidik, jabatan guru kurang diperhitungkan atau kurang diminati. Ingat lagu Umar Bakri dari Iwan Fals? Inilah penggalan lirik lagu yang mengisahkan seorang guru.

“Oemar Bakri pegawai negeri

Empat puluh tahun mengabdi

Jadi guru jujur berbakti memang makan hati

Oemar Bakri banyak ciptakan menteri

Profesor dokter insinyur pun jadi

Tapi mengapa gaji guru Oemar Bakri seperti dikebiri”

Keberadaan guru hanya dipandang sebelah mata. Orang jawa mengatakan “Mung Guru” atau hanya guru. Namun setelah pemerintah berusaha memperbaiki nasib guru dengan memberikan tunjangan profesi, jabatan guru banyak diminati.

Ternyata untuk mendapatkan tunjangan profesi itu tidak mudah, guru harus memiliki sertifikat pendidik. Tunjangan Profesi adalah tunjangan yang diberikan kepada Guru yang memiliki sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya.

Baca juga: Pencairan tunjangan profesi dan inpassing terhutang.

Pada awal program ini sekitar tahun 2006, untuk memperoleh sertifikat pendidik dilaksanakan dengan dua jalur yaitu:

1. Jalur Portofolio, yaitu guru diminta mengumpulkan semua bukti fisik prestasi yang dimiliki selama menjadi guru. Bukti fisik tersebut yang dinilai berupa Ijazah minimal S-1/D-IV, akta, masa kerja, serifikat pelatihan dan sebagainya. Seorang guru dapat memperoleh sertifikat pendidik apabila telah memenuhi nilai minimal yang ditentukan.

2. Jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Program ini berlaku bagi guru yang tidak lolos melalui jalur porotfolio. Sekarang ini peraturan dan perundang-undangan mulai disempurnakan sesuai dengan kondisi saat ini. Oleh karena itu maka tata cara untuk memperoleh sertifikat pendidik juga menggunakan formula baru.

Tunjangan profesi guru merupakan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru yang sudah dirubah menjadi PP. Nomor 19 Tahun 2017.

Pengumuman Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru PPG Dalam Jabatan.

Menindaklanjuti amanat undang-undang tersebut, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan pendataan calon peserta Program Profesi Guru PPG tahun 2017. Pendataan calon peserta Program Profesi Guru PPG tahun 2017 dilakukan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan GTK.

Melalui Surat Edaran 32110/B.B4/GT/2017 Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan GTK minta bantuan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi maupun Kabupaten/ Kota. Agar menyampaikan kepada para guru yang belum memiliki sertifikat pendidik.

Bahwa akan diadakan pendataan calon peserta Program Profesi Guru PPG tahun 2017.

Bagi anda yang menginginkan pendataan agar memperhatikan hal-hal berikut ini. Terdapat lima hal yang harus diperhatikan dalam proses pendataan, yaitu:

1.Guru calon peserta Program Profesi Guru PPG harus berstatus Guru Tetap dan memilki kualifikasi akademik  S-1 atau D-IV.

2. Data calon peserta Program Profesi Guru PPG diambil dari data Dapodik per tanggal 31 Juli 2017.

3. Guru melakukan konfirmasi kesediaan melalui aplikasi pada http://sim.pkb.id.

4. Guru menetapkan bidang studi yang linier dengan ijazahnya.

5. Pendataan dilakukan mulai tanggal 1 November s.d 20 November 2017.

Bagi bapak/ibu guru yang memenuhi kriteria di atas dapat segera melakukan pendaftaran. Buka aplikasi sim-pkb dengan akun anda masing-masing untuk mengeceknya.

Berikut ini admin kutipkan  isi surat edaran Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan GTK nomor : 32110/B.B4/GT/2017:

 

Yth.

1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi

2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

di Seluruh Indonesia

 

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan pendataan calon peserta PPG bagi Guru Dalam Jabatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tidak lanjut Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017. Tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

 

Pasal 66 ayat (1) yang menyatakan bahwa bagi Guru Dalam Jabatan. Yang diangkat sampai dengan akhir tahun  2015 dan sudah memiliki kualifikasi S-1/D-IV. Tetapi belum memperoleh Sertifikan Pendidik dapat memperoleh Sertifikat Pendidik melalui Pendidikan Profesi Guru PPG.

Pengumuman Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru PPG Dalam Jabatan.

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan hormat kami mohon saudara menyampaikan kepada guru yang belum memiliki Sertifikat Pendidik beberapa hal berikut:

1.Guru calon peserta PPG Dalam Jabatan adalah guru yang memenuhi persyaratan. Sesuai Peraturan Pemerintahan Nomor 19 Tahun 2017 yaitu guru tetap dan memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV.

2. Data calon peserta PPG Dalam Jabatan diambil dari data Dapodik per tanggal 31 Juli 2017.

Kemudian data tersebut dimasukkan ke dalam Jabatan diambil dari data Dapodik per tanggal 31 Juli 2017. Selanjutnya dimasukkan ke dalam aplikasi pendataan calon peserta PPG Dalam Jabatan.

3. Guru melakukan konfirmasi kesedian sebagai calon peserta PPG Dalam Jabatan ke dalam aplikasi melalui situs http://simpkb.id.

Menggunakan akun individu masing-masing dan mengunggah pindai (scan) ijazah asli S-1/D-IV ke aplikasi pendataan tersebut. Informasi lengkap terkait proses pendataan dapat dibaca dalam situs tersebut.

4. Guru harus menetapkan bidang studi yang akan diikuti dalam PPG.

Ketentuan peneteapan bidang studi adalah linier dengan kualifikasi akademik S-1/D-IV yang dimiliki. Daftar linieritas bidang studi PPG dapat dilihat pada situs simpkb.

5. Jadwal pendataan akan dimulai tanggal 1 November 2017 dan berakhir tanggal 20 November 2017. Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Surat resmi dari Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud dapat anda download di sini.

Sekian informasi terkait Pengumuman Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru atau PPG Dalam Jabatan tahun 2017. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *