Mekanisme Penyaluran Tunjangan Tambahan Penghasilan Guru PNSD Terbaru

Cahayapendidikan – Mekanisme Penyaluran Tunjangan Tambahan Penghasilan Guru PNSD Terbaru.

Pada tanggal 14 Desember 2018 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mengeluarkan peraturan terbaru terkait mekanisme penyaluran tunjangan Penghasilan.

Peraturan terbaru tersebut adalah Permendikbud 33 Tahun 2018, merupakan perubahan dari Permendikbud 10 Tahun 2018.

Pada Permendikbud 33 Tahun 2018 diatur tentang Mekanisme Penyaluran Tunjangan Tambahan Penghasilan bagi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD)

Lampiran 3 Permendikbud 33 Tahun 2018 menjelaskan tentang Mekanisme Penyaluran Tunjangan Tambahan Penghasilan bagi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD).

Berikut ini admin kutipkan Mekanisme Penyaluran Tunjangan Penghasilan bagi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) sesuai Permendikbud 33 Tahun 2018.

Satuan pendidikan mengusulkan data Guru PNSD yang akan menerima dana Tambahan Penghasilan ke dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya.

Dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya melakukan verifikasi data Guru PNSD yang akan menerima dana Tambahan Penghasilan berdasarkan usulan dari satuan pendidikan.

Surat Keputusan Dana Tambahan Penghasilan (SKDTP) Guru PNSD yang memenuhi persyaratan ditetapkan Pemerintah Daerah kabupaten/kota/provinsi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Pemerintah Daerah provinsi/kabupaten/kota sesuai kewenangannya menyalurkan Dana Tambahan Penghasilan ke Guru PNSD penerima per triwulan.

Pemerintah Daerah provinsi/kabupaten/kota wajib membayarkan Tambahan Penghasilan setiap triwulan, paling lama 7 (tujuh) hari kerja setelah diterimanya dana Tambahan Penghasilan di rekening kas umum daerah (RKUD) provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Apabila terjadi perubahan tempat tugas antarkabupaten/kota, antarprovinsi, dan antarkementerian, baik atas kepentingan kedinasan atau pemekaran wilayah, maka Dana Tambahan Penghasilan bagi Guru PNSD disalurkan oleh Pemerintah Daerah provinsi/kabupaten/kota induk sesuai usulan awal dan statusnya akan disesuaikan pada tahun berikutnya.

Mekanisme Penyaluran Tunjangan Penghasilan bagi Guru PNSD Terbaru

Penyaluran Dana Tambahan Penghasilan dihentikan apabila Guru PNSD penerima:

a. meninggal dunia, maka pembayarannya dihentikan pada bulan berikutnya;

b. berusia 60 tahun, maka pembayarannya dihentikan pada bulan berikutnya;

c. pensiun dini, maka pembayarannya dihentikan pada bulan berikutnya;

d. tidak bertugas lagi sebagai Guru, Guru yang diberi tugas sebagai kepala satuan pendidikan, Guru yang mendapat tugas tambahan, maka pembayarannya dihentikan pada bulan berkenaan;

e. sedang mengikuti tugas belajar, maka pembayarannya dihentikan pada bulan berkenaan;

f. mengundurkan diri sebagai PNSD atas permintaan sendiri, maka pembayarannya dihentikan pada bulan berkenaan;

g. memiliki jabatan rangkap, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, maka pembayarannya dihentikan pada bulan berikutnya;

h. mutasi menjadi pejabat struktural atau fungsional lainnya, maka pembayarannya dihentikan pada bulan berikutnya;

i. telah mendapat tunjangan profesi, maka pembayarannya dihentikan pada bulan berkenaan;

j. dinyatakan bersalah oleh pengadilan dan telah memiliki kekuatan hukum tetap, maka pembayarannya dihentikan pada bulan berkenaan; dan/atau

k. tidak melaksanakan tugas/meninggalkan tugas mengajar tanpa alasan yang bisa dipertanggungjawabkan paling banyak 3 (tiga) hari berturut-turut. atau kumulatif 5 (lima) hari dalam satu bulan, maka penghentian pembayarannya dilakukan pada bulan berkenaan.

Bagi anda yang membutuhkan informasi Mekanisme Penyaluran Tunjangan Tambahan Penghasilan bagi Guru PNSD Terbaru dapat mengunduhnya di sini.

Baca Juga:

1. Permendikbud 33 Tahun 2018 Tentang Penyaluran Tunjangan Profesi, Khusus dan Tamsil.

2. Mekanisme Penyaluran Tunjangan Profesi Terbaru Lampiran 1 Permendikbud 33 Tahun 2018.

3. Mekanisme Penyaluran Tunjangan khusus Lampiran 2 Permendikbud 33 Tahun 2018.

Demikianlah informasi Mekanisme Penyaluran Tunjangan Penghasilan bagi Guru PNSD Terbaru, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *