Dinamika Penduduk Eropa Afrika Australia-Materi IPS Kelas 9

Cahayapendidikan.com-Dinamika Penduduk Eropa Afrika Australia-Materi IPS Kelas 9

Jumlah penduduk pada suatu wilayah selalu mengalami perubahan, hal ini terjadi karena adanya kelahiran, kematian maupun migrasi.

Perubahan keadaan penduduk baik dari segi jumlah, distribusi maupun komposisinya disebut dengan dinamika penduduk.

Berikut admin sajikan ringkasan dinamika penduduk Benua Eropa, Afrika, dan Australia.

Dinamika Penduduk Eropa Afrika Australia-Materi IPS Kelas 9

Dinamika Penduduk Benua Eropa

Menurut data dari World Population Data Sheet (WPDS) jumlah penduduk Eropa pada tahun 2016 mencapai 742.000.000 jiwa.

Komposisi penduduk Eropa berdasarkan usia, 16% berusia di bawah 15 tahun, 17% berusia di atas 65 tahun. Sedangkan 67% berusia antara 15-65 tahun.

Dari komposisi tersebut berarti bahwa terdapat 33% penduduk berusia non produktif, dan 67% berusia produktif. Dengan laju pertumbuhan penduduk 0,2% pertahun.

Negara-negara di Eropa yang memiliki Indeks Pembangunan Manusia sangat tinggi adalah Inggris, Jerman, Perncis, dan Spanyol.

Ditinjau dari komposisi ras, penduduk di Benua Eropa termasuk keturunan ras Kaukaoid yang tersebar menjadi lima suku bangsa. Yaitu bangsa Nordik, Alpen, Mediteranian, Slavia, dan Dinarik.

Dilihat dari sudut agama, pemeluk agama terbesar adalah , Katolik Roma, Kristen Protestan, dan Kristen Ortodoks. Di setiap negara di Eropa terdapat komunitas pemeluk agama Yahudi, pemeluk agama Islam sebagian besar terdapat di Bosnia dan Albania.

Dinamika Penduduk Benua Afrika

Menurut data dari World Population Data Sheet (WPDS) jumlah penduduk Afrika pada tahun 2015 mencapai 1.171.000.000 jiwa.

Angka pertambahan penduduk di Afrika sangat tinggi dengan angka kerlahiran 36 jiwa tiap 1000 penduduk. Namun demikian angka kematiannya juga cukup tinggi sekitar 10 jiwa tiap 1000 penduduk. Dengan laju pertumbuhan penduduk 2,5% pertahun.

Kualitas penduduk di Afrika pada umumnya relatif rendah, karena tidak ada satu negarapun yang memiliki kualitas hidup sangat tinggi.

Sebagian besar penduduk di benua Afrika merupakan keturunan negro berkulit hitam, sehingga benua Afrika disebut dengan benua hitam.

Penduduk Afrika dapat digolongkan menjadi empat kelompok besar, yaitu ras Negro, Kaukasoid keturunan Arab, Kukasoid keturunan Eropa, dan suku pribumi.

Terdapat beragam agama yang dianut oleh penduduk Afrika. Di Afrika bagian utara dan barat sebagian penduduk memeluk agama Islam.

Kawasan Afrika selatan pemeluk agama Kristen lebih banyak dibandingkan dengan pemeluk Islam dan Hindu. Di Afrika juga terdapt penduduk yang menganut agama Ktolik Roma dan Yahudi.

Dinamika Penduduk Australia

Menurut data dari World Population Data Sheet (WPDS) jumlah penduduk Australia pada tahun 2015 mencapai 23.900.000 jiwa. Dinamika Penduduk Eropa Afrika Australia-Materi IPS Kelas 9.

Dengan angka kerlahiran penduduk di Australia 13 jiwa tiap 1000 penduduk, sedangkan angka kematiannya 7 jiwa tiap 1000 penduduk.

Australi merupakan benua sekaligus negara dengan kualitas hidup sangat tinggi. Idikatornya adalah tingginya angka harapan hidup yaitu 82 tahun.

Penduduk Australia sebagian besar berkulit putih dari ras Kaukasoid, mencapai 92 %. Sisanya adalah berasal dari Asia 7% dan penduduk asli Aborigin 1%.

Penduduk Australia memeluk agama yang beragam, pemeluk agama Kristen Protestan 62,2%, Budha 2,5%, Islam 2,2% dan Hindu 1,3%.

Baca Juga:

Demikianlah ringkasan materi Dinamika Penduduk Eropa Afrika Australia Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.