BG Bahasa Indonesia Kelas-7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Cahayapendidikan.com – BG Bahasa Indonesia Kelas-7 Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi peserta didik secara utuh, tidak hanya aspek pengetahuannya tetapi juga sikap dan keterampilannya.

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

Pelajaran Bahasa Indonesia ditulis dengan tujuan agar para siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai fungsi komunikasi dalam kegiatan sosial.

Selain itu, pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat menumbuhkan minat baca dan minat menulis.

Pembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan berdasarkan pendekatan komunikatif, pendekatan berbasis teks, CLIL (content language integrated learning), pendekatan pendidikan karakter, dan literasi.

Content Language Integrated Learning menonjolkan empat unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa. Yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).

Buku Guru berisi petunjuk umum dan petunjuk khusus membelajarkan Bahasa Indonesia dengan media Buku Siswa.

Petunjuk umum berisi penjelasan karakteristik pembelajaran Bahasa Indonesia, karakteristik organisasi kompetensi dasar pembelajaran Bahasa Indonesia. karakteristik penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Sedangkan Petunjuk khusus pada tiap bab berisi contoh pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan media buku siswa.

Pada setiap bab terdapat contoh indikator, contoh materi, contoh tema yang bisa digunakan sebagai bahan pengembangan materi.

Contoh pengalokasian waktu pada setiap bab, contoh langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan contoh rubrik penilaian autentik.

Karena bersifat contoh, maka guru sangat diharapkan untuk bisa memvariasikan dan menyesuaikan isi Buku Guru. dengan konteks daerah, konteks waktu, konteks budaya lokal, dan konteks karakteristik sekolah.

Penilaian pengetahuan belum banyak diberikan pada Buku Guru dan guru diharapkan dapat menyusun penilaian pengetahuan yang sesuai.

Sejalan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani dalam mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya.

BG Bahasa Indonesia Kelas-7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting.

Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Pada BG Bahasa Indonesia Kelas-7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 terdapat dua bagian utama, yaitu Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus Proses Pembelajaran.

Secara ringkas BG Bahasa Indonesia Kelas-7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 dapat admin sajikan sebagai berikut.

A. Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan “outcomes-based curriculum”.

Oleh karena itu, pengembangan kurikulum diarahkan pada pencapaian kompetensi yang dirumuskan dari SKL.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar para siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai fungsi komunikasi dalam berbagai kegiatan sosial.

Kegiatan yang dirancang dalam buku diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi berbahasa, kognisi, kepribadian, dan emosi siswa.

Selain itu, pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat menumbuhkan minat baca dan minat menulis.

B. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Mata pelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan kepercayaan diri siswa sebagai komunikator, pemikir imajinatif. dan warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi.

Pembelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi yang dibutuhkan siswa dalam menempuh pendidikan dan di dunia kerja.

Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal yang saling berhubungan dan saling mendukung mengembangkan pengetahuan siswa. memahami, dan memiliki kompetensi mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis.

Ketiga hal tersebut adalah bahasa (pengetahuan tentang Bahasa Indonesia), sastra (memahami, mengapresiasi, menanggapi, menganalisis, dan menciptakan karya sastra) serta literasi.

C. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan berdasarkan pendekatan komunikatif, pendekatan berbasis teks, pendekatan CLIL (content language integrated learning). pendekatan pendidikan karakter, dan pendekatan literasi.

Fondasi teoretik Kurikulum 2013 adalah pengembangan pendekatan komunikatif, pendekatan genre-based, dan CLIL (content language integrated learning).

Teks dalam pendekatan berbasis genre merupakan kegiatan sosial, tujuan sosial. Ada 7 jenis teks sebagai tujuan social. Yaitu laporan (report), rekon (recount), eksplanasi (explanation), eksposisi (exposition: discussion, response or review). deskripsi (description), prosedur (procedure), dan narasi (narrative).

BG Bahasa Indonesia Kelas-7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

D. Tahapan Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pendekatan berbasis teks yang menjadi model pembelajaran bahasa berbasis genre mencakup empat hal prosedur utama:

  1. Membangun konteks teks dan membangun pengetahuan tentang teks yang akan dipelajari.
  2. Telaah model (dekonstruksi).
  3. Latihan membuat teks secara bertahap dan terbimbing (joint construction).
  4. Tugas dan latihan membuat teks secara mandiri dan minim bantuan guru (independent construction).

Tahap Membangun Konteks, menyadarkan siswa tentang fungsi teks dalam konteks kehidupan yang sesungguhnya. Pada tahap ini disajikan beragam konteks yang berkaitan dengan hadirnya sebuah teks.

Tahap Telaah Model (Dekonstruksi) adalah kegiatan mengamati semua teks yang akan dipelajari. Model teks diambil dari media massa (cetak dan elektronik) atau penggunaan di masyarakat yang tidak terpublikasi.

Dekonstruksi yang dimaksud adalah siswa dibekali dengan kompetensi pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana menyusun atau menciptakan teks.

Tahap prakonstruksi adalah tahap berlatih membuat teks secara bertahap dan terbimbing. Pada tahap ini siswa berlatih menyusun bagian-bagian teks secara terbimbing dan bertahap.

Kompetensi berbahasa membutuhkan latihan menggunakan kata dan menyusun kalimat yang khas untuk teks tertentu. Inilah yang dilakukan dalam tahap prakonstruksi.

Tahap Membuat Teks Secara Mandiri (independent construction) merupakan bagian puncak dari pendekatan berbasis teks. Pada tahap ini siswa secara kreatif menghasilkan teks dengan berbagai konteks komunikasi. Tahap ini berisi panduan, tugas, dan latihan menyusun teks secara mandiri.

E. Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Kurikulum 2013 melaksanakan pembelajaran autentik, oleh karena itu penilaiannya juga harus autentik.

Asesmen autentik adalah penilaian atas perkembangan peserta didik, berfokus pada kemampuan mereka berkembang untuk belajar bagaimana belajar tentang subjek tertentu.

BG Bahasa Indonesia Kelas-7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Sebetulnya Buku Guru bagian kedua ini dapat digunakan oleh guru dalam menyusun Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP).

Karena sebagian besar komponen Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) sudah tersedia pada Buku Guru ini.

Pada saat menyusun RPP, guru tinggal mengutip KI dan KD serta tujuan pembelajaran sedangkan IPK disusun berdasarkan tujuan pembelajaran.

Langkah-langkah pembelajaran secara runtut setiap pertemauan sudah terdapat dalam Buku Guru ini, mulai kegiatan pembukaan, inti dan penutup.

Pada langkah-langkah dipandu dengan penggunaan model pembelajaran saintifik meliputi model discovery-inquiry based learning, problem based learning, dan project based learning.

Bagi anda yang membutuhkan Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas-7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 selengkapnya dapat anda unduh di sini.

Baca Juga:

1. Buku Guru PPKN 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

2. Buku Guru PPKN 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

3. Buku Siswa PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

4. Buku Siswa PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

5. Buku Siswa PPKN Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Demikianlah sekilas informasi BG Bahasa Indonesia Kelas-7 Kurikulum 2013 Revisi 2017. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.