10 Tips Belajar Agar Lebih Efektif dan Efisien

cahayapendidikan.com-10 Tips Belajar Agar Lebih Efektif dan Efisien.

Setiap manusia diciptakan oleh Tuhan dalam keadaan serba terbatas. Karena keterbatasan inilah menjadikan manusia serba ingin tahu. 10 Tips Belajar Agar Lebih Efektif dan Efisien.

Nah untuk memenuhi rasa ingin tahunya dilakukan dengan cara belajar.  Dan pastinya setiap orang  berkeinginan untuk menjadi seorang yang pandai. Tidak ada cara lain untuk menjadi pandai selain dengan jalan belajar.

Belajar adalah hal wajib, yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin menjadi pandai. Cara belajar efektif dan efisien bagi sebagian orang adalah hal yang sulit, bahkan dianggap itu hanyalah sebuah slogan. Hal ini dikarekan, orang tersebut belum menemukan cara belajar yang efektif dan efisien yang sesuai dengan kondisinya secara pribadi.

Memang harus diakui bahwa, cara belajar efektif dan efisien bagi sebagian orang, belum tentu efektif dan efisien bagian sebagian lainnya. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara belajar yang efektif dan efisien, ada baiknya kita memahami dulu maknanya.

Cara belajar efektif adalah upaya memahami materi sesuai dengan kondisi personal pembelajar. Baik dari segi metode, penggunaan tempat, ataupun penggunaan waktu. Sedangkan belajar efesien adalah cara belajar dengan usaha minimal tetapi mendapatkan hasil yang maksimal.

10 Tips Belajar Agar Lebih Efektif dan Efisien

Apa yang diminimalkan? Yang diminimalkan adalah penggunaan waktu, tempat, sarana dan prasarana belajar dan lain-lain. Kita harus ingat bahwa tidak orang bodoh, yang ada hanyalah orang malas, dan tak tahu cara belajar yang baik. Tidak ada satu carapun belajar yang paling baik. Namun gabungan dari beberapa cara belajar diyakini dapat menjadikan belajar lebih efektif dan efisien.

Namun adakalanya terkadang banyak seseorang yang sudah meluangkan waktunya untuk belajar. Tetapi nilai-nilai yang dia peroleh belum memuaskan. Hal ini tentu sangat mengecewakan, manakala kita sudah berusaha namun tetap saja hasil yang dicapai kurang memuaskan.

Belajar dapat dirtikan sebagai usaha yang dengansengaja dilakukan untuk tingkah laku yang kita kehendaki. Tingkah laku tersebut berupa pengetahuan, keterampilan, kepandaian, kebiasaan dan sebaginya.

Berikut ini adalah tips agar dalam belajar lebih efektif dan efisien.

1.Buatlah Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan diyakini dapat membentuk kebiasaan-kebiasaan belajar secara teratur. Dengan demikian memungkinkan kita dapat memanfaatkan waktunya secara maksimal. Untuk tahap awal sebaiknya jadwal belajar dibuat lebih rinci. Tentukan pelajaran yang membutuhkan waktu belajar cukup lama, sesuai dengan tingkat kesulitannya.

2.  Kerjakanlah tugas dengan penuh semangat.

Belajar merupakan proses yang aktif dan penuh dengan usaha. Oleh karena itu mulailah dengan membaca secara keseluruhan. Kemudian ulangilah untuk mengoranisasikan pengalaman belajar anda. Setelah itu buatlah peta pikiran atau mind map. Mind map ini bermanfaat untuk menghubungkan materi atau sub  yang satu dengan lainya.

Ada dua faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar yaitu partisipasi dan minat. Suatu saat mungkin anda perlu melakukan resitasi, yaitu mengucapkan kembali apa yang telah anda baca dengan suara nyaring. Karena belajar memerlukan usaha, maka lakukanlah pengulangan-pengulangan terhadap hal-hal yang anda anggap penting. Dengan demikian ingatan anda akan lebih kuat dan setia.

3. Perhatikan waktu stagnasi dalam belajar.

Pada saat anda mempelajarai hal yang baru, maka belajar berlangsung dengan khusus. Hal ini dilakukan agar belajar kita dapat menghasilkan sesuatu yang baru. Kadang-kadang pada saat belajar kita merasa tidak memperoleh apa-apa. Inilah yang disebut dengan stagnasi dalam belajar. Dan kita terlambat menyadarinya.

Stagnasi dalam belajar ini dapat terjadi manakala:

a. Tidak ada dorongan, motivasi dan bahkan malas untuk belajar.

b. Menganggap sesuatu yang biasa, sebetulnya dapat menghambat belajar.

c. Terjadi kesulitan dalam memahami materi baru secara keseluruhan.

4. Jangan mengerjakan segalanya dalam sekali waktu belajar

Penelitian secara empiris membuktikan bahwa belajar dengan waktu yang dibagi-bagi lebih efektif dari pada dalam satu waktu yang lama. Oleh karena itu belajar sedikit demi sedikit sejak awal akan lebih baik dari belajar sewaktu akan menghadapi tes atau ujian.

5. Pelajari kembali dan susun pertanyaan mengasah daya ingat

Lupa terhadap materi yang telah dipelajari? Pelajarai kembali keseluruhan materi. Hal ini akan memperkaya materi yang harus anda kuasai. Buatlah daftar pertanyaan, dengan daftar pertanyaan anda akan lebih mudah mereproduksi pengetahuan yang telah anda peroleh.

6. Pelajari materi secara keseluruhan, jangan pisahkan menjadi bagian-bagian yang tidak berarti.

Mempelajari materi secara keseluruhan akan lebih menguntungkan, karena asosiasi terhadap materi pelajaran dapat dibentuk dari awal. Lagipula kita dapat langsung menangkap makna dan hubungan antar materi yang sedang kita pelajari. Akan lebih mudah apabila dilanjutkan dengan membuat mind map untuk materi yang dipelajari. Materi secara keseluruhan di dapat, dan bagian per bagian diperoleh.

Baca juga: Fungsi otak kanan dan otak kiri bagi perkembangan anak

10 Tips Belajar Agar Lebih Efektif dan Efisien

7. Manfaatkan sarana dalam belajar

Untuk mempermudah anda dalam belajar, silahkan menggunakan sarana yang tersedia, seperti:

a. Kamus

Pernahkah anda merasa kesulitan mengartikan sebuah kata? Apa yang anda lakukan? Tentunya membuka kamus bukan? Nah dengan memanfaatkan kamus anda dapat menemukan makna sebuah kata.

b. Tabel dan grafik

Dengan menggunakan tabel atau grafik anda dapat membuat ringkasan materi menjadi satu kesatuan. Contoh tabel misalnya dengan membuat mind map.

c. Meringkas

Yaitu membuat catatan yang berisi ringkasan materi yang akan dipelajari. Disini anda dapat membuat pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam materi dan menggaris-bawahinya. Anda juga dapat membuat jembatan keledai contoh ME-JI-KU-HI-BI-NI-U maupun dengan analogi yang lain.

d. Rumus dan Kaidah

Rumus dan kaidah perlu dipahami terutama dalam pelajaran Matematika dan ilmu pengetahuan alam.

8. Manfaatkanlah kesempatan mengikuti tes atau ujian

Banyak yang beranggapan bahwa ujian merupakan alat evaluasi kemajuan hasil belajar. Namun sebetulnya ujian lebih berguna untuk mendiagnosa pribadi, yaitu mengetahui  kelebihan dan kelemahannya. Apabila sering mengikuti ujian, seseorang akan mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Dengan mengetahui kekurangannya seseorang akan segera dapat memperbaikinya.

9. Hilangkanlah sesuatu yang menghambat belajar anda

Hal-hal berikut mungkin merupakan penghambat belajar anda. Misalnya kesehatan, cacat fisik, penglihatan kurang jelas, keuangan dan kondisi keluarga. Apabaila anda tidak dapat meminimalisir hambatan tersebut, maka hasil belajar anda tidak maksimal. Upayakan mengabaikan masalah-masalah tersebut ketika anda belajar. Dengan demikian anda dapat fokus dalam belajar.

10. Belajar 10 menit dalam enam kali akan lebih baik daripada 60 menit dalam satu kali.

Maksudnya pada saat anda belajar berulang-ulang akan lebih effektif dan efisien. Pada dasarnya belajar adalah mengulang atau mereview apa yang telah diajarkan. Semakin sering melakukan pengulangan maka materi pelajaran tersebut akan mudah dipahami. Sebaliknya dengan belajar sekali dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan kejenuhan. Akibatnya anda kesulitan memahami apa yang anda pelajari.

Jika anda membutuhkan bacaan bermutu berupa Buku Elektronik silahkan kunjungi tautan ini.

Demikian 10 Tips Belajar Agar Lebih Efektif dan Efisien, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *